Cara Kirim Paket Taiwan – Indonesia

Hi..

Seperti yang teman-teman tau, gue belum tiga bulan di Taipei, Taiwan. Tapi setidaknya, udah bisa share dikit tentang cara ngirim barang dari Taiwan ke Indonesia atau mungkin ke negara lain. Emang baru sekali sih ngirim barang ke Indonesia, tepatnya dua bulan lalu. Waktu itu, gue pake EMS, jadi gue lebih tekanin ke EMS. Lebih aman dan lebih cepat.

Ada beberapa cara yang bisa kamu jadikan alternatif. Gampangnya, gue jadiin perpoin aja ya.

1.EMS (Express Mail Service) alias pos internasional. Layanan ini bisa didapatkan di kantor pos. Nah, jadi pas lo ke kantor pos, ada beberapa loket. ada loket untuk ngirim barang, ada juga loket untuk lain (yg berhubungan dengan bank.. gue kurang merhatiin, CMIIW). Ya udah sisa perhatiin plang yang ada di bagian atas tiap loket. Lo bisa nanya, berapa biaya untuk pengiriman dengan kilat atau yang biasa. Mengenai tarif, gue kurang tau. Tapi untuk estimasi waktu pengiriman dari Taipei ke Indonesia dengan kilat 4-6 hari kerja, sedangkan untuk yang reguler sekitar 14 hari kerja. Kalo lo ga bisa bahasa Cina dan sedang beruntung, lo bisa dapat petugas yang bisa bahasa Inggris dan bersedia menjawab pertanyaan2 elo. Ada kantor pos yang pegawainya ada yang bisa bahasa Inggris, tapi ada juga yang ga ada. Setelah sepakat (bisa dicancel kalo merasa kemahalan, setelah petugas infokan berapa biaya pengirimannya). Setelah deal dan petugas sudah diberitahu apa isi paket, petugas pos akan ngasih kertas resi yang kamu tulis manual tentang info pengirim dan penerima.

          Tips : sebisa mungkin, kemas barang dengan padat (sekecil mungkin). Karena kalo barang yang lo kirim besar tapi ringan, biaya akan dihitung dari based on size paket kamu. Oh iya, di kantor pos sedia box dengan beberapa ukuran yang bisa lo beli di sana. kalo saran gue sih, kalo butuh kardus cari kardus di mana gitu, soalnya harga box di sana cukup mahal untuk sebuah kardus. Kardus bisa lo cari di toko dekat rumah, 711, Karfur (mungkin mereka sedia free kalo belanja di sana, CMIIW). Oh iya, untuk masalah tarif, lo bisa minta bantuan staf kantor pos untuk liatin daftar biaya pengiriman berdasarkan berat barang yang akan lo kirim.

2.Ada beberapa Ekspedisi yang bisa lo temui di toko-toko Indonesia yang ada di Taiwan, misalnya Global TK, Index, atau ekspedisi lain. Untuk pengiriman via Index gue kurang tau, kalo Global TK via laut sekitar 1 bulan lama pengiriman.

Selanjutnya, postingan ini akan diupdate kalo gue udah tau lebih tau dan paham tentang pengiriman yah.. Soalnya ini sangat menarik.. #eh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s