10 Tips Hemat Saat Kos

Tips ini gue tulis khusus untuk teman-teman yang ngekos, entah itu di kota lain di Indonesia, atau di negara lain. Terkhusus untuk yang tinggal masih di Asia. Sedikit-banyak juga bisa diaplikasikan untuk kamu yang baru berumah tangga dan berencana meminimalisir pengeluaran yang tidak begitu penting. Yuk, kamu bisa perhatikan beberapa barang ini

  1. Uang Receh. Sekecil apapun uang receh dari kembalian, pastikan itu kamu simpan dan kalau bisa dikelompokkan.
  2. Beli buah dan sayur yang sedang musim. Misalnya kalo di Taiwan lagi musim dingin, itu artinya jeruk keprok manis lagi musim. nah, dari harga yang bisa dikasih 100NTD/kg bisa jadi 50NTD/kg. Oh iya, seharusnya lebih murah beli di penjual buah dengan gerobak yang ada di pasar daripada kamu beli jeruk yang dijual oleh penjual di dalam pasar
  3. Kemasan buah potong

Kalo kamu suka beli buah potong, kemasannya jangan dibuang. ini berguna banget jadi wadah penyimpanan makanan di kulkas. kamu bisa pakai ini untuk simpan ikan di freezer atau simpan sayuran yang sudah dipotong di kulkas dan siap untuk diolah.

4. Kaleng

Hasil gambar untuk kaleng kopi

Kaleng bekas kopi, sambal, permen, susu, biskuit, atau apapun itu, jangan dibuang dulu. terutama kalo botolnya bukan boto plastik. bisa kamu cuci pakai sabun dan bisa digunakan untuk wadah bumbu, tempat pensil, koin, atau bubuk lain. biasanya juga produk yang dibuat dari kaleng dengan ukuran cukup besar harganya lebih murah jika dibanding harus beli sachetan.

5. Cek harga supermarket dan pasar tradisional. Tidak semua barang di pasar tradisional lebih murah daripada di supermarket. Misalnya, minggu lalu gue beli 3 paha ayam gede di pasar dengan harga 500NTD (hiks, ini mahal banget.. ini pas gue dan suami jadi korban bahasa, karena kita ga cukup ngerti dgn omongan penjualnya). terpaksa dibeli. besoknya gue ke supermarket dan harga ayamnya 250NTD untuk seekor ayam dengan ukuran standar. Haha, masih mahal juga kalo dicompare dengan harga di Makassar (jangan dibandingin lah.. tapi ya tetap aja keingat-ingat hiks).

6. Kantong Belanja. Jangan lupa bawa kantong kresek atau tas belanja dari rumah. Lumayan kan daripada harus bayar 2NTD utk beli kantong kresek. Ngapain juga numpuk kantong kresek.

7. Hindari belanja satuan. jika ada barang yang habis, mendingan skalian cek barang lain apakah ada yang udah hampir habis. dan belinya mending langsung ke supermarket daripada harus ke minimarket yang harganya lebih mahal.

8. Kompor listrik. Jika kamu menggunakan kompor listrik, kamu tidak perlu menunggu mematikan kompor saat makanan sudah benar-benar masak. saat merasa masakan sudah matang 90-95%, matikan kompor. pada kompor listrik, panas masih akan ada beberapa saat.

9. Beli makanan yang sudah pasti enak dan bisa dimakan. Saat di pasar malam atau di mana saja dan ada makanan, perhatikan baik-baik apakah kemungkinan rasanya tidak aneh dan kita bisa menikmatinya. Jangan sampai, kita mengeluarkan uang untuk membeli makanan yang rasanya aneh dan harus dibuang.

10. Lihat poin 1, gunakan untuk membeli telur ayam. Murah, sehat, dan gampang diolah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s