HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MEMBUAT VISA TAIWAN

Oke, ini adalah postingan pertama di blog ini. Jika ada pertanyaan “kenapa ini saya posting?” karena saya ingin teman-teman yang ingin mengunjungi Taiwan (entah dengan alasan apa saja) bisa lebih mudah mendapatkan VISA (kita anggap VISA visitor, ya).

  1. Ada yang bilang ngurus VISA Taiwan itu ribet. Saya pun sudah dua kali mengurus VISA Taiwan. Sebenarnya ga ribet, kalo saja kelengkapan berkas kita sudah sesuai dengan persyaratan. Jadi di TETO (Artha Graha Building, SCBD, Jakarta) ada loket VISA TKI dan dan Umum. Loket Umum sepi kok. Sebelumnya, saya ngurus VISA hari Senin, hari Rabu selesai. Ngurus hari Jumat, Selasa selesai. Jadi, misalnya kamu dari kota lain dan ke Jakarta transit cuma buat bikin VISA, kamu udah bisa buat estimasi waktu dan beli tiket Jakarta – Taipei dari jauh hari.
  2. Ingat! printilan yang dibutuhin adalah PAS FOTO 4×6 latar putih. Jangan lupa untuk selalu menyediakan pas foto di malam hari sebelum mengurus VISA esoknya. Mengurus VISA hanya bisa di waktu sebelum istirahat makan siang. Jadi, make sure pagi-pagi kamu sudah siap dengan berkasmu. Selain pas foto, pastikan kamu udah punya semua fotokopian berkas. Misalnya, FC KTP, FC KK, FC Rekening tabungan (kalo saya kemarin, cukup dua halaman terakhir, ga perlu dari awal buku tabungan), FC resident card & FC surat nikah (kalo ada keluarga di Taiwan), dan guarantee letter. Jika kalian ingin fotokopi / print something in BW colour, biayanya Rp15.000/lembar. Adapun untuk bikin pas foto Rp30.000/4pcs. WTH? Mahal sih mahal, tapi ga gitu juga kali.. hiks, hiks. kemarin akhirnya saya harus print 1 lembar berkas suami dan membayar Rp15K. Miris, mengingat jika print di sekitaran Kampus UI hanya Rp500/lembar.
  3. Saat VISA sudah selesai, sebelum meninggalkan loket, petugas akan meminta kamu mengecek kembali VISA yang sudah selesai. Ini sangat penting, lho. Kemarin, saya hampir tidak memerhatikan keterangan bahwa VISA saya untuk single trip. Padahal, purpose VISA yang saya ajukan adalah multiple dan juga sudah saya bayar. Dengan baik hati, petugas akan memperbaikinya. Walau memakan waktu lagi, sekitar 45 menit.

thank you.

– ditulis di Starbucks samping Nanjing Fuxing Station.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s