#TulisanAnakKos di Taiwan

Sebenarnya beberapa hari lalu saya sudah membuat sebuah blog lagi, khusus untuk cerita tentang saya di Taiwan. tapi memikirkan sebuah pemborosan (karena itu artinya saya akan jarang menggunakan blog ini, maka saya memutuskan untuk menulis di blog kesayangan ini saja, dengan kategori “di Taiwan”). Selain itu, saya dan suami juga memang ngekos di sebuah flat di dekat stasiun Nanjing Fuxing, Taipei. Jadi, tidak salah jika saya menyatakan bahwa #SayaMasihAnakKos hehehe.

Deni (Suami saya tercinta) kerja di daerah Neihu (saya belum pernah ke sana).

CARA MENGURUS VISA TAIWAN &  BELI TIKET MURAH KE TAIWAN

Dari Makassar, saya berangkat ke Jakarta tanggal 18 Desember untuk mengurus Visa Taiwan. Untuk sampai di Taipei dengan tiket yang murah, ada 2 step yang saya lakukan :

  1. Beli tiket beberapa hari sebelumnya (karena beberapa hal, saya baru bisa beli tiket ke Taipei tanggal 16 Des)
  2. Saya transit di Singapore (SIN) dengan itinerary spt berikut :
    1. CGK – SIN 17.55-20.35 via L*** A**
    2. SIN – TPE 01.15-06.00 via J** St**

Jika diperhatikan, spare waktu antar-flight cukup lama, hampir 5 jam. Tapi pertimbangan saya adalah :

  1. L*** A** terkenal dengan delay (unlimited) dan lama tiba bagasinya (biasanya sekitar 60-90 menit)
  2. Saya perlu makan atau ke toilet
  3. Terminal arrival dan departure di SIN berbeda
  4. Ini pengalaman pertama saya ke SIN dan saya solo trip, hehe.

Kenapa harus transit? Kenapa ga yang direct aja? biasanya transit di Hong Kong dan ga seribet kalo beli dua tiket. Hmm… Alasan pertama, harga tiket tentu saja lebih murah. Alasan kedua, untuk mendapatkan tiket transit dengan harga yang agak miring biasanya transit 1 – 2 kali dan dalam waktu yang cukup lama (bener deh). Alasan ketiga, cara ini ga seribet yang orang lain bayangkan kok. Serius deh. Apalagi kalo transitnya di SIN (Changi Airport). Mudah bangets… Di Changi, terminalnya nyambung dan kita bisa pergi ke terminal lain dengan train express yang datang setiap 3 menit (GRATIS) dan kamu bahkan bisa membawa trolley koper (apa sih namanya, lupa) ke dalam. Selain itu, Customer Service Officernya juga detail & luar bisa tanggap kebutuhan kita (dan pastinya mereka pake bahasa Inggris jadi aman lah).

Oh iya, harga tiket CGK – SIN – TPE saya termasuk murah pada jamannya tapi mahal bangetsss kalo dicompare ke harga tiket kalo lagi low season. Tiket plus bagasi about 5M something. Hiks, mengingat maskapai pertama yang saya gunakan, ga bangetsss… padahal, seharusnya 4M something dah bisa PP CGK – TPE (transit HKG), lhooo… Ya, namanya juga lagi peak season.. Makanya, saran saya jika tidak begitu penting, lebih baik memilih bepergian saat low season daripada saat peak. Boleh juga kalo kamu dah beli tiket promo dari jauh-jauh bulan (bahkan tahun lalu) untuk flight di peak season. Alasan lain selain harga tiket lebih mahal adalah keadaan bandara yang sesak banget.

Oh iya, sekadar share juga. di detik-detik menunggu pesawat CGK – SIN, L*** A** delay dong -.- bilangnya sih 20 menit doang, kenyataannya 30 menit, dan diitung2 sama lama di pesawatnya, pesawat lepas landas telat sekitar 80 menit dari jadwal :s

Oh iya, J** S*** lumayan oke kok. Ontime, pelayanan bagus, saya suka sama flight attendantnya oke-oke, lepas landas dan mendaratnya juga oke. Sebenarnya ada tiket yang lebih murah dari J** S***, yap dialah T**** A**. Tapi, karena pas searching tentang maskapai tsb, bener-bener ga mau. Mention official Twitternya nunjukin banyak banget customer yang complaint dengan berbagai masalah. Di internet juga dapat julukan The Worse Airlines (lupa, siapa yang ngasih julukan itu). Yap, dari dulu udah dengar cerita jeleknya, tapi ternyata sampe sekarang belum berubah.

Oke, dan sekarang saya sedang berusaha menyesuaikan diri dengan cuaca di Taiwan. Tidak begitu dingin, namun anginnya menusuk :s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s