15 Tips Jalan-jalan Sendiri ke Luar Negeri

Saya yakin, saya sama dengan sebagian teman-teman. Kadang kita (harus) melakukan solo trip ke tempat baru dan dengan kendaraan umum. Rasa senang, deg-degan, dan rasa ingin tahu jadi lebih besar. Tapi ada beberapa hal yang sebaiknya kita persiapkan. Jadi, berikut tips saya :

  1. Bertanya detail terlebih dahulu kepada teman yang sudah pernah ke tempat tersebut.
  2. Rajin bertanya kepada Mbah Kita Bersama (Google) dan membaca itinerary orang yang sudah pernah ke sana.
  3. Siapkan Google Map dan cari Free Wifi (sekalian istirahat) untuk mengaktifkannya. Jika kira-kira agak susah untuk ini, siapkan peta manual (saya ga pernah melakukan ini sih).
  4. Charge HP saat di waiting room. Jangan habiskan baterai HP hanya untuk bermain game. Kamu bisa mengisi mengisi waktu dengan membaca majalah, koran, atau selebaran wisata yang ada di waiting room bandara. Kalo saya, ga suka bawa powerbank (selain berat, ribet karena ga boleh ditaro di koper)
  5. Selalu siapkan uang mata uang negara yang kamu kunjungi untuk jaga-jaga, incase kamu mau beli minum / makan / snack, atau harus bayar taksi (ga perlu banyak-banyak, misal untuk transit di Singapore cukup $100-200).
  6. Selalu cek kembali jadwal flight kamu. Mengantisipasi kamu salah lihat jadwal atau apasaja.
  7. Jangan ragu bertanya. Sebaiknya ke petugas resmi. Kalo nanya selain ke petugas, biasanya orang itu akan minta imbalan (who knows).
  8. Saat peak season, lebih baik kamu berangkat jauhhh lebih awal sebelum jadwal penerbangan. Karena selain jalanan Jakarta macet dan unpredictable, jalan di dalam bandara pun bisa sangat macet. Tempo hari, saya berangkat jam 2 dari Margonda Depok, dan saya benar-benar harus berlarian ke counter check-in, padahal flight saya jam 6 sore.
  9. Pesan tiket round-trip untuk harga tiket yang lebih murah dibanding tiket one way yang harus kamu beli duakali. Biasanya petugas imigrasi di bandara akan mengecek tiket pulang kita, jika tujuan kita adalah negara yang mengharuskan kita memiliki visa (CMIIW)
  10. jika transit, sediakan jarak waktu untuk : menunggu bagasi, kemungkinan delay pesawat pertama, harus ke toilet, tertahan di pemeriksaan barang bawaan dan check body, dll.
  11. Untuk menghemat, kamu bisa bawa bekal dari rumah (gue bangetsss). Kalaupun malas, kamu bisa beli fastfood di bandara Soetta. Selain jauh lebih murah, rasanya lebih cocok di lidah kita, dibamding kalo harus beli di negara tempat kamu transit.
  12. Untuk menghemat waktu, jika bisa, tidak perlu membagasikan koper kamu (jika ukuran masih wajar dan beratnya di bawah 7Kg). Selain ga perlu bayar, kamu juga ga perlu lama nunggu baggage claim.
  13. ingat, no liquid. Jangan bawa barang apapun yang berbentuk cair atau gel. Cairan yang boleh dibawa ke kabin hanya yang berukuran di bawah 100ml. Selain itu, harus masukkan ke koper bagasi.
  14. Untuk saya, saya selalu membawa earphone (bukan untuk dengar musik, tetapi untuk menutup telinga saya saat boarding dan landing supaya ga sakit) dan kacamata hitam (supaya tidurnya enak di pesawat).
  15. Jangan ragu untuk mencari kenalan baru di bandara atau negara tujuan. Jika ada teman yang tinggal di negara tujuan, jangan lupa untuk menghubunginya, sekadar memberitahu bahwa kamu sedang ada di tempat itu juga. hehe..

 

Itu 15 Tips Jalan-jalan Sendiri ke Luar Negeri dari saya. Have a nice flight ^^

Leave a Reply

