11 Tips Liburan ke Bali #sendiri #beneran

Tanggal 18-23 Oktober kemarin gue ke Bali sendiri. Gue cerita dikit yah.. Semoga dari sekian banyak yang bakal gue ceritain, ada yang berguna. Haha, okai?

IMG-20131020-00711

1.Tiket.

kalo masalah tiket, gue ga rekomendasiin cara gue. tiket gue PP sekitar 1,5juta karena gue ga beli promo. karena itu, gue cerita cara lain aja *yang hemat. 2 bulan lalu gue ikut hunting tiket promo sebuah maskapai penerbangan yang lagi ulang tahun. harga tiket promonya 61K doang alias Rp61.000,- jadinya PP cuma Rp122.000,- tapi itu rutenya Jakarta – Denpasar. Jadi, kalo mau cari tiket promo harus punya koneksi internet yang cepat. sekarang juga udah banyak maskapai penerbangan yang sistem bayarnya bisa via ATM, ga perlu pake CC.

2. Penginapan

Kalo gue suka nginep di Poppies soalnya berada di antara Legian dan Pantai Kuta. Penginapan di sana juga murah dan kita bisa nyari makanan Indonesia mulai harga 10 reba. Tarif kamar di sini mulai Rp165.000 – Rp900.000,- (khusus di Poppies II yaaaa) meliputi hotel, wisma, cottage, dll. tapi gue ga tau hotelnya berbintang atau kaga. Sama aja sih. Kalo emang budgetnya unlimited juga bisa milih hotel berbintang.

Oia, ada juga homestay. Bedanya dengan penginapan lain, mungkin ini kaya’ rumah sebuah keluarga yang tidak dipisahkan dengan kamar-kamar yang disewakan. Dari namanya aja homestay, hehe. Menurut gue, privasi tamu tidak seoke penginapan lain, jadi harganya elebih murah. CMIIW. Ada juga kos-kosan. Tapi gue ga tau kos-kosan di deket Poppies ada di mana. Stahu gue banyaknya di daerah deket kampus.

3. Perlengkapan Mandi

Set perlengkapan yang paling penting adalah ini. Sabun, sampo, sikat gigi, dan pasta gigi. Oia, gue juga biasanya bawa tisu toilet. Bukan buat dipake cebok *pasti pake air kan, tapi dipake buat alasin dudukan *soalnya kita ga tau siapa aja yang udah pernah nangkring di sana, haha.

4. Perlengkapan Dandan

Hellooooo!!! Ini penting banget kaleee. Ga lucu kan lo ga dandan. Yang standar aja *kaya gue standar bangetttt haha kan. pensil alis, eyeshadow, eyeliner, lipstick, dan pelembab bibir. Gue juga biasanya bawa tisu ukuran kecil, parfum, sama oil control film alias kertas minyak buat muka.

5. Mini Market

Sebaiknya sedia barang-barang penting dan udah pasti bakal dipake sebelum berangkat. Kalo udah mepet banget harus beli sesuatu, pilih-pilih mini market yang mau kamu datangi. Ceritanya gini, gue kan kehabisan sabun yang gue bawa dari rumah. Jadi gue harus beli. Beberapa hari sebelumnya, gue ngerasa pernah masuk ke mini market yang harga sabunnya lima ribuan, tapi gue lupa di mini market apa. Di Poppies II nih, (kalo ga salah) ada 4 nama mini market. Di 3 mini market lain, sabun cair 100 ml merek Li**buoy harganya Rp12.000,- Gila kan???? 2,5X lipat dari harga biasa, yaitu Rp4.900,-. Gue masuk ke 2 mini market tapi harganya masih sama, 12 reba. Pas masuk  toko ketiga, namanya Lingkaran K, akhirnya gue dapet! sabun-dengan-harga-lima-ribu-sedangkan-di-toko-lain-12 reba.

Untuk hal minuman *jujur, gue cupu banget dan ga biasa minum, sesekali doang. Tapi kalo di Bali, gue suka beli minuman dan ikut-ikutan norak kaya’ bule-bule, hahahhaha. Yang ringan-ringan aja pastinya. Kaya’ Mi*-Ma* atau Heine***, beli di toko minuman aja di Jalan Legian (kalo lo nginep di deket sini, kalo nginapnya jauh ya gausah bela-belain ke sini :p ). Tokonya ga rame sih, mungkin karena orang-orang lebih suka praktis, beli minuman sekalian belanja di mini market. Tapi selain lebih murah, koleksi minumannya lebih lengkap *sori, gue lupa nama tokonya apa.

6. Jangan Lupa Bawa Detergen Sachet!

Di antara poin lain, ini poin terpenting menurut gue. Sepele emang, tapi efek dari ini gede lho. Waktu masih di rumah, gue emang mudah wanti-wanti, ga boleh banget lupa barang ini, apalagi kalo berencana liburan lebih dari 3 hari.

Buat apa? Yap, buat nyuci. Tujuan utamanya buat dipake nyuci underwear. Gue yang awalnya mau liburan 3 hari aja berubah jadi 6 hari. Stok baju sama underwear jadinya kurang. Nyari laundryan ribet soalnya pas gue liburan ternyata bertepatan dengan Hari Raya Galungan dan Kuningan, jadi beberapa toko dan usaha lagi tutup. Lagian, ga mungkin kan underwear mau gue laundryin kalo pun laundrynya buka. Karena lupa bawa detergen, gue pun keliling minimarket buat nyari detergen sachet. Ga ada. Adanya detergen 400-500 gr. Terlalu banyak. Ga butuh sebanyak itu, dan harganya Rp12.000,- Alamak! Selain ribet, gue pun sayang dong sama duitnya. Tapi ga ada pilihan lain, karena gue ga dapat warung atau kios yang jual detergen sachet, secara gue nginep di Poppies II. Haha, yaiyalah, menurut lo aja :p Akhirnya gue beli detergen itu dan bisa nyuci! *ngumumin pake toa

Kapan gue nyuci? Scara mau liburan. Trus caranya juga gimana dong? Kan ga ada ember. Biasanya gue nyuci pas abis bangun pagi, sebelum mandi (gue bangun biasanya pukul 09.00 WITA) atau tengah malam abis jalan-jalan (gue pulang sekitar 00.00-03.00 WITA). Gue nyuci di wastafel (udah biasa kan ya) jadi cukup nutup saluran air wastafel dan sekejap wastafel bisa nampung air kaya’ ember. Selain underwear, pakaian yang gue cuci cuma pakaian yang tipis, ga ribet dicuci, dan cepat kering. Oia, kalo tank top dan hot pants yang habis dipake berenang cukup dikeringin aja, ga usah dicuci. Jadi besoknya kalo mau renang, cukup pake baju itu lagi.

7. Bawa jaket (yang tipis aja kalo ada) sama kacamata (atau beli di jalan juga banyak)

Ke Bali bukan berarti lo di pantai terus, lo berjemur terus, dan lo buka-bukaan terus. Lucu kan kalo pas lo jalan ke mal siang-siang, di luar ruangan orang asli Bali pada pake jaket karena panas banget tapi lo malah pake baju terbuka. Kasian kulitnya dan bisa-bisa saking panasnya, kepala jadi puyeng.

8. Jaga Kesehatan

Jaga kesehatan ini artinya usahakan bawa multivitamin (supaya lo bisa ngeksis dari pagi sampe pagi), koyo atau balsem dan semacamnya, dan plester luka. Koyo atau balsem dipake kapan aja pas lagi di penginapan atau lagi tidur, walaupun kaki lagi ga pegel dan capek. Ini supaya tetap bisa jalan ke mana aja kapan aja, hehe. Plester luka dipake kali-kali bakal banyak jalan, jadi supaya ngindarin lecet pas pake heels atau sandal jepit.

9. Jangan Kebanyakan Shopping

Mmmm menurut gue, Bali bukan tempat shopping. Jangan habiskan budget untuk barang-barang yang ga diperlukan, kecuali :

  1. Barang-barang buat jadi oleh-oleh. Ini pun cukup yang murah. Biasanya yang dibawain oleh-oleh ga liat harga kok, dibawain aja udah seneng karena itu berarti kita tetap ngingat mereka pas kita lagi liburan, hehe.
  2. Barang yang cuma ada di Bali. Misalnya ikat pinggang merk Rox* yang kepalanya besi, bahannya dari kain dan model cewek. Gue ga pernah dapat kaya gitu di toko surf di Makassar atau Jakarta, yang rata-rata cuma jual ikat pinggang kaya’ gitu yang model cowok. *curhat skalian ya, soalnya kalo gue beli ikat pinggang dari kulit di toko surf kea gini, cuma tahan 2 bulan, beda dengan yang bahan kain, gue pake dari umur 13 sampe 24 *nah lohhh.

10. Oleh-oleh

Gue sangat menghindari belanja nawar untuk barang-barang yang udah nyata-nyata kita bisa beli dengan harga murah walau beli dalam jumlah sedikit. Gue lebih suka ke Erlang** atau Kris** daripada harus jauh-jauh ke Pasar Sukowa**. Pasar Sukowa** tuh cocoknya kalo kita mau skalian beli banyak dan ngeborong (ini juga kita harus modal bensin atau duit taksi yang lumayan). Di antara beberapa tempat belanja itu, gue paling suka di Erlang**. Lebih lengkap jadi puas banget belanjanya. Tempatnya juga gede. Cuma emang lebih panas dibandingkan dengan Kris**. Tapi kalo mau singgah beli oleh-oleh sebelum ke bandara, lebih baik belanja di Kris**, karena dekat dengan bandara. Dari sana ke bandara Cuma 12reba taksinya, jadi ga perlu ke Erlang**. Gue dari jalan depan Pantai Kuta ke Erlang** aja habis 70 reba padahal jalan lancar jaya ga pake macet.

11. Transportasi dari Bandara dan ke Bandara

Kalo dari Poppies/Legian/Kuta, sekitar 30reba. Deket banget. Sebaliknya, kalo dari bandara mau ke daerah itu, standarnya 50 reba-60 reba. itupun lo udah harus nawar dari harga yang dikasih Rp100.000-Rp120.000. Dih, jangan mau! itu deket bangetttt.

Semoga tips ini berguna buat teman-teman ya ^^!

16 thoughts on “11 Tips Liburan ke Bali #sendiri #beneran

  1. thanks for sharing! aku juga berencana mau traveling sendirian karena lagi sedih habis dilanda putus cinta 😂 bermanfaat sekali! luv!

    • duh maaf banget.. kok baru ngeh yah kalo ada komen?
      biasanya saya nginap di poppies (scara di sana murah kan…) nah itu deket kok dr bandara tp di ngurah rai tuh taksi pake 1 harga semua. dan itu di atas 100k. ga worth it bgt.. kalo mau, bisa keluar bandara dekat arah departurenya, trus cari taksi yg pake argo (blue bird misal)…

    • hehe ada sih fotonya tp ga diposting di sini :p
      oh iya. waktu itu ga punya kamera. jadi pas kenalan sm turis yg lain di kuta, minta ditag di fb atau dikirimin via WA. hehe… mayan kan?

  2. Makasih ya infonya, kalo kt ke popies, apa kt lgsg aja blg dianterin kesana? Utk pemula apa ya tips nya? Rencana jalan sendiri,
    Boleh minta ig.wa, line?
    Thanks

  3. Mau kebali nih sabtu ini sendirian for the first time,gda sodara or tmn disana pula (nekad). Recommend destinasi yg ok dong palingan deket2 kuta aja~

Leave a Reply

