Mengejar Hadiah

Kuis atau lomba berhadiah. Yaiyalah. Kalo gak berhadiah, bukan lomba atau kuis namanya. Walau hadiah bukan berarti harus berupa benda, bisa saja penghormatan, nama, predikat, atau apa saja.

Gue, sama dengan sebagian orang yang suka ikut kuis atau lomba berhadiah. Atau apa aja deh yang berhadiah. Selain karena mau ngedapatin hadiah, rasa degdegan  dan menang itu rasanya sangat menyenangkan. Mau itu hadiahnya kecil atau besar sekalipun. Menangin hadiah juga bikin kita berasa eksis loh. Ciyus.

Cerita ini beneran, tapi gue ga akan cerita hal-hal yang bersifat privasi seperti kompetisi.

Gue mulai senang ikut kuis dan lomba pas kuliah. Gue masih ingat, hadiah pertama yang gue dapatin adalah duit pas semester-semester akhir kuliah. Waktu itu gue iseng-iseng ikut lomba wujudkan idemu sebuah camilan berbentuk coklat wafer. Dengan semangat, harapan, dan doa, akhirnya gue dapat 1juta, ditransfer (walau nunggunya sampe 2 bulan ada kali), yup proses klaim hadiah emang kadang lama banget karena prosedur panjang di perusahaan (scara kerja gue pernah ngurus-ngurus beginian, hehe). Prosedur ikut lombanya cukup bikin ide usaha kreatif dan simpel, dikirim beserta 5 kemasan produk. Waktu itu, gue bela-belain beli 1 pak wafer coklat (harganya ga nyampe 20 ribu) dan siapa aja yang mau makan gue kasih tapi bungkusnya harus dibalikin), hehe. Akhirnya, tadaaaaa, dapet 1 juta.

Gue juga pernah dapat voucher merchandise sebuah brand gaya dan gaul masyarakat urban #asek senilai 250ribu dari sebuah stasiun radio swasta di Jakarta. Padahal, gue berasa ga pernah ikut kuis. Mungkin pernah, secara gue emang follow dan suka jawab2 pertanyaan di akun itu. Setelah gue ambil vouchernya, ternyata prosedurnya ga segampang yang dikasih tau. Dari pihak radionya ngasih tau kalo prosedurnya seperti itu, tapi pas gue klaim, yang ngejawab Cuma komputer, customer service ga bisa dihubungin, dan gue juga udah males, akhirnya voucher itu gue abaikan.

Lanjut ke kisah selanjutnya. Gue ikut kuis sebuah merek sampo terkenal di Indonesia. Gue emang udah pake sampo ini dari SD, walau suka ganti-ganti, hehe. Prosedurnya cukup posting foto-foto yang nunjukin indahnya rambut dan apa cerita caption foto itu. Karena waktu itu gue suka ga ada kerjaan di kosan dan rambut emang lagi panjang, gue tiap hari tinggal copy paste foto-foto yang belum pernah gue share di socmed. Foto-foto yang lolos verifikasi tiap hari akan diperbolehkan untuk tampil, tapi ada syarat tambahannya; tiap hari harus upload foto. Ga lama setelah itu, gue dapat surel kalo gue jadi pemenang mingguan dan berhak ngedapatin hadiah langganan majalah sponsor sebanyak 6 edisi. Majalah yang datang ke gue malah datang 8 edisi termasuk di dalamnya edisi bulan Desember dengan hadiah agenda karir yang cantik banget. Manis. Di edisi ketiga majalah, gue ngirim surat pembaca *soalnya gue ngerasa majalah ini guna banget dan memenuhi kebutuhan gue sebagai cewek yang beranjak dewasa dan ntar lagi say byebye dengan kampus, surat yang kepilih juga bakal dapat hadiah menarik*. Gue jadi pengirim surat beruntung dan dapat 1 paket makeup dari Revlon. Gue seneng dong, hehe.

Masuk tahun 2013, gue pernah menang battle kuis nyusun kata produk minuman teh yang emang teh ready to drink favorit gue. Kita harus bikin kalimat dari kata “Kursi, CD, dan merek minuman ini”. Gue, dengan kalimat simple menang battle on air di radio *yang pernah ngasih gue voucer merchandise itu*. Kalimatnya gini nih “Dari pada beli kursi atau CD, mending beli Nu Green Tea bisa jadi diri sendiri”. sontak dua penyiar HardRock FM ngeluarin kata “behhhhhhhhh… “ dan taraaaaa gue menang. hehee. teraplikasi lah ilmu kuliah gue di Sastra. haha. Gue dapat 2 tiket nonton di The Premiere dan duit 300 ribu. Lumayan bangettttttttttt. Hohoho.

Ga kalah serunya waktu gue ikut kuis twitpic pizza yang bisa diantar di rumah, dengan jaminan hanya butuh waktu kurang dari 30 menit, pizza itu bakal nyamperin lo di rumah *pizza sama mas-mas deliverynya*. Prosedurnya, kita ngehias box pizza yang ada tulisannya, khusus box edisi terbatas karena waktu itu lagi dekat Valentine. Gue baru tau kalo ada kuis itu saat gue liat brosur, pas banget gue beli pizza. Ikutlah gue. Dengan waktu yang mepet banget dan ga ada hiasan apapun di kosan, trus juga kamera hp gue pas-pasan, gue kirimlah gambar itu. Dan gue tau saingan gue banyak. Eh menang. Hadiahnya asik-asik-ga asik sih. menang tiket meet n great film Indonesia. Gue juga bisa undang 5 teman gue kalo mau. Pas ngedatangin lokasinya di salah satu mal elit di Jakarta, ternyata disediakan free photo boot, pizza party, nonton bareng, dan goodie bag. Isi goodie bagnya coklat, soft drink, minuman coklat instan, box lucu, dan banyak banget merchandise pizza itu. Gue juga dapat tiket freenya 1, kalo mau nonton lagi atau ngasih ke orang *yakali ada yang mau nonton sendirian*, trus dapat 1 voucher paket pizza coklat marshmallow *ini ga seenak yang lo pikirin. Emang pizza itu Cuma cocok sama asin-asin, ga cocok sama manis-manis* plus roti coklat mini dan 2 minuman buah. Semua yang gue sebutin, FREE. Ngantarnya bahkan, free. Cuma modal ngasih tip ke Mas yang baik banget udah mau ngantar pesanan gue. Hehe.

Bulan lalu, gue ikut nulis tema liburan favorit plus deskripsi singkatnya. Kali ini produk lotion yang kerjasama dengan majalah. Dapat 1 paket cantik berisi lotion (banyak banget), goodie bag, lunch box, dan botol minuman *yang ga murahan, keren deh*, hehe.

Pernah, saat duduk di halte bus kampus, ada seorang cewek yang tiba-tiba kaya’ orang gila saking senangnya memenangkan hadiah tiket nonton konser Jason Mraz, tiket PP Jakarta – Bali, hotel, dan uang saku. WOW!

Jaman kuliah, gue sama teman-teman juga suka ikut kuis berhadiah tiket. Mulai dari tiket film Thailand, film horor barat yang ga banget *ngebosenin*, sampe tiket nonton konser David Cook. Ada juga teman  yang dijulukin dewa kuis, mulai dari menangin hadiah sampo, sampe hadiah jalan-jalan ke luar negeri buat nonton EURO. Haha, keren.

BS5xA6ICcAIeOFL

Kuis dan lomba itu layaknya cinta jika ia benar-benar cinta. Ga ribet, bikin deg-degan, menyenangkan, dan bahagia. Iya kan? #eh

Leave a Reply

