Kau Boleh Benci Negara Indonesia, tapi Harus Tetap Cinta Bangsa Indonesia.

Seorang teman pernah bertanya dan meminta aku menjelaskan pernyataan tersebut; perbedaan negara dan bangsa

“Kau Boleh Benci Negara Indonesia, tapi Harus Tetap Cinta Bangsa Indonesia.”

Aku katakan, negara itu (salah satunya) pemerintah. Sistem, politik, dan sandiwara memang ga bisa dipisahin. Rakyat cuma jadi korban sandiwara dan kepalsuan. Makin lama, rakyat pun semakin muak dengan “permainan” yang ga henti-henti terjadi. Korupsi dan ketidakadilan sudah memenuhi media massa, hingga akhirnya, kita pun sudah malas peduli. Iya ga?

Adapun bangsa Indonesia, itu rakyat yang ada di tanah airmu. Korban dari sistem yang hari demi hari ga juga membaik dan jadi sehat. Bangsa Indonesia itu orang-orang dari Sabang sampai Merauke, orang-orang yang bahkan mungkin tak kita tahu. Rakyat di perbatasan, di pulau-pulau kecil yang namanya asing di telinga, rakyat yang belajar dengan listrik seadanya, buku seadanya, obat seadanya, baru melihat spidol dan benda-benda “ajaib” lain.

Aku jadi ingat dengan adik-adik muridku. Bagaimana kugunakan lagu sekolah Minggu “Mana Jempol” untuk mengajak mereka berdoa sebelum belajar. Bagaimana kubuat mereka tidak malu berdoa bersama dan mau minta maaf saat melakukan kesalahan. Bagaimana mereka menyebutkan kosa kata bahasa Inggris yang baru mereka dapat saat kelas 3 SMP. Aku ingat. Melihat mereka lengkap dengan senyum dan dialeknya, masih bisakah kita tidak mencintai bangsa ini?

Ayahmu adalah tanah. Ia tempatmu berdiri kokoh dan berpijak. Ia mengajarmu bagaimana melangkah ke arah yang kau tuju hingga sampai di tujuan. Ibumu adalah air. Ia ada, mengalir ke tempat di mana pun kau berada. Ia menyejukkan dan menyegarkanmu kapan saja kau inginkan. Cintailah tanah airmu.

Go Indonesia, Go!
Merdeka! Hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s