girl power

hal yang dibutuhkan semua cewek di dunia ini adalah ‘sesuatu yang membuat mereka kuat’. kuat di sini artinya kuat dalam arti jiwa dan raga. ‘sesuatu yang membuat mereka kuat’ dalam arti raga terbagi atas dua, yaitu ‘kuat secara langsung’ dan ‘kuat secara tidak langsung’.

pertama saya akan menjelaskan maksud dari ‘kuat secara langsung’. ‘kuat secara langsung’ itu adalah bagaimana seorang cewek bisa menjaga dirinya sendiri entah di mana ia berada. ia bisa mengatasi dan mengendalikan dirinya sendiri, seburuk apa pun lingkungan yang sedang ia tempati. ia bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri sehingga jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pelecehan, kekerasan, atau perbuatan-perbuatan buruk lainnya. ini bisa dilakukan dengan belajar bela diri atau melengkapi diri dengan alat-alat keamanan seperti cutter, semprotan merica, atau parfum (bisa disemprot di mata lawan). ada pun ‘kuat secara tidak langsung’ adalah keadaan saat seorang cewek tidak bisa menjaga dirinya sendiri, jadi ada cowok yang bisa melindunginya dan berada di sampingnya. ini bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk teman atau pacar, bodyguard juga bisa.

selanjutnya, ‘sesuatu yang membuat mereka kuat’ dalam arti jiwa yang kuat adalah sesuatu yang bisa membuat cewek bisa mengatasi sifat cengeng mereka, sifat posesif, sifat manja, sifat lemah, sifat tidak realistis, sifat terlalu menggunakan perasaan, sifat melankolis, bahkan 1001 macam perilaku aneh cewek saat sedang datang bulan.

sebenarnya, seorang cewek yang tumbuh dewasa bisa menciptakan ‘sesuatu yang membuat mereka kuat” itu sendiri dari dalam diri mereka. ini diperoleh dari pembelajaran kehidupan selama ia tumbuh, terutama di tahun-tahun terakhir saat masa remaja mengarah ke masa dewasa. dari segi asmara, pendidikan, keluarga, lingkungan, bahkan dalam pengalaman berbangsa dan bernegara.

saat ‘sesuatu yang membuat mereka kuat’ itu sudah ia peroleh, seorang cewek harus bisa menempatkan dirinya sebagai seorang yang kuat, pemilik tunggal ‘sesuatu yang membuat dirinya kuat’ dan menjaga agar ‘sesuatu yang membuat dirinya kuat’ tidak memudar bahkan hilang. sebab, ia bisa mengatasi semua masalah dengan ‘sesuatu yang membuat dirinya kuat’.

itu pun yang sudah saya miliki. dan, saya tidak akan membiarkan ‘sesuatu yang membuat diri saya kuat’ ini memudar dan menghilang. saya tidak akan lemah. saya tidak lemah. saya kuat.

amin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s