Sinopsis Buku Ramayana Versi Rajagopalachari

Pencantuman sumber tulisan dan nama penulis adalah tanda penghargaan atas hak kekayaan intelektual🙂

___________________________________________________________________________________________

Sinopsis Buku Ramayana Versi Rajagopalachari

 

Ada sebuah kerajaan di utara Sungai Gangga bernama Kosala yang memiliki raja bernama Dasarata. Dasarata memiliki tiga orang istri yaitu Kausalya, Kaikeyi, dan Sumitra. Dari ketiga istrinya itu Dasarata mendapatkan empat putra. Kausalya melahirkan Ramachandra, Kaikeyi melahirkan Bharata, dan Sumitra melahirkan dua putra kembar yang bernama Lesmana dan Satruguna.

Keempat putra mahkota berguru pada Wasista dan setelah itu Ramachandra, sang putra sulung kemudian berguru pada Wiswamitra setelah diminta untuk menumpas raksasa jahat bernama Maricha dan Subahu, karena raksasa ini selalu mengganggu persembahyangan Wiswamitra.

Saat mengembara bersama Wiswamitra, Ramachandra mengikuti sayembara pengangkatan busur Rudra di Negeri Mithila dengan hadiah siapa saja yang memenangkan sayembara berhak menikah dengan Sinta, putri Raja Janaka. Akhirnya Rama berhasil memenagkan sayembara dan menikah dengan Sinta.

Sepulang Ramachandra dari pengembaraan bersama Wiswamitra, Dasarata merasa sangat bahagia dan ingin memberikan kekuasaan pada Ramachandra untuk menggantikannya sebagai raja karena merasa sudah saatnya dia digantikan. Keputusan itu diterima oleh seluruh keluarga di istana dan masyarakat Kosala. Namun karena bujukan Mantara, seorang sahabat kental yang juga adalah dayang Kaikeyi, Kaikeyi melarang penobatan Ramachandra sebagai raja melainkan ingin menobatkan Bharata, putra kandungnya sebagai raja, sesuai dengan janji Dasarata dulu kepada Kaikeyi dan mengasingkan Ramachandra di Hutan Dandaka selama empatbelas tahun.

Ramachandra bersama Sinta dan Lesmana meninggalkan Kosala menuju Hutan Dandaka demi menghapuskan dosa yang akan diperbuat ayahnya jika tidak menepati janji pada Kaikeyi. keburukan hati Kaikeyi yang tega mengusir Rama dari Ayodya. Karena merasa bersalah, rindu, dan tidak berdaya, Dasarata meninggal.

Di tengah pengasingan Ramachandra, Sinta dicuri oleh Rahwana, Raja Alengka.. Setelah itu, Rama meminta bantuan Sugriwa untuk menemukan istrinya yang diculik. Selain itu, Rama juga meminta bantuan Hanoman, wanara yang paling sakti.

Berkat bantuan Hanoman, Rama memenangkan peperangan melawan Rahwana dan Ramachandra dapat bertemu kembali dengan istrinya, Sinta. Setelah empatbelas tahun, Ramachandra, Sinta, dan Lesmana kembali ke Ayodya. Ramachandra diangkat sebagai raja menggantikan Brahmana yang menjadi wakilnya. Mereka pun hidup bahagia kembali sebagai keluarga raja Kosala.

 

Pencantuman sumber tulisan dan nama penulis adalah tanda penghargaan atas hak kekayaan intelektual🙂

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s