Peran Buku Harian untuk Anak

Pencantuman sumber tulisan dan nama penulis adalah tanda penghargaan atas hak kekayaan intelektual🙂

___________________________________________________________________________________________

 

Tugas III

Harliati / 0806353545

PSA / II / 2009-2010

11 Februari 2010

 

PERAN BUKU HARIAN UNTUK ANAK

 

Buku harian atau yang biasa disebut dengan diary termasuk sebagai salah satu barang yang dapat meninggalkan kenangan dan berperan penting dalam kehidupan seorang sewaktu masih kecil. Layaknya mainan seperti boneka, komik, mobil-mobilan, video game dan permainan lainnya, buku harian pun menjadi teman setia bagi seorang anak.

Tidak jarang anak yang memiliki buku harian, baik itu anak laki-laki atau perempuan yang duduk di bangku SD, SMP, dan SMA. Walaupun banyak hal lain dapat dilakukan oleh anak-anak, tetap saja mereka menyisihkan waktu untuk menulis. Ini dikarenakan oleh kebutuhan setiap anak untuk mencurahkan isi hatinya melalui sebuah media, sehingga tidak menumpuk di hati seorang anak. Karena dunia anak merupakan dunia yang penuh dengan hal-hal baru dan menyenangkan, banyak pula tulisan dalam buku harian.

Banyak hal yang dapat dilakukan dengan buku harian. Mulai dari menulis hal apa saja yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari tentang keluarga, teman-teman, dan sekolah, seorang anak juga bisa menumpahkan perasaannya, hingga menuliskan pertanyaan-pertanyaan kepada buku harian seolah ia dapat menjawab pertanyaan sang pemiliknya.

Selain hal yang menyenangkan, buku harian tentu saja berisi cerita kekecewaan, kekesalan, dan sedih seorang anak mengenai orang lain atau dirinya sendiri. Dalam buku harian, pemiliknya dapat menceritakan orang lain, misalnya teman sekolahnya atau kakaknya sendiri. Oleh karena itu, buku harian bersifat sangat rahasia. Sedapat mungkin ia disembunyikan oleh pemiliknya di tempat yang paling aman dan tidak diketahui siapa pun.

Cara menulisnya juga harus sembunyi-sembunyi agar orang lain tidak dapat membacanya. Hal yang lebih ekstrim yang dapat terjadi adalah pemilik buku harian akan sangat marah dan menangis jika orang lain membaca buku hariannya. Sang pemilik merasa tidak ada seorang pun yang berhak membaca buku itu, kecuali dirinya sendiri, bahkan sekali pun orang tuanya.

Saya pun seperti sebagian besar anak lainnya pada waktu itu. Mulai dari kelas 3 SD, saya sudah memiliki sebuah buku harian yang dapat saya tulis sesuka hati. Di situ pula saya bercerita tentang hal-hal yang menarik yang saya alami, terutama tentang perasaan senang bermain dengan seorang teman kelas, seorang anak laki-laki. Selain itu, saya juga menulis keinginan-keinginan, permainan-permainan saya, dan bagaimana menjalani hari-hari yang menyenangkan dan penuh warna.

Selama bertahun-tahun, menulis buku harian masih saya lakukan, walaupun intensitasnya semakin hari semakin berkurang. Begitu pula dengan media yang digunakan. Jika dahulu saya menulis di buku harian yang terbuat dari kertas, kini saya dapat menulis di komputer, bahkan di blog internet karena dapat disimpan dengan pengaturan privasi yang hanya dapat dilihat oleh pemiliknya dan dilidungi dengan kata sandi yang membuatnya lebih aman daripada menulis di buku.

Hingga sekarang, saya memiliki sepuluh buku harian dan membuat saya terbiasa untuk menulis dan mengungkapkan apa yang ingin disampaikan. Hal inilah yang membuat saya lebih pandai berkomunikasi dan merangkai kata sesuai dengan apa yang saya harapkan. Sebuah kebiasaan kecil saat masih menjadi anak kecil dapat dijadikan hobi yang menyenangkan, dan dapat saya rasakan manfaatnya.

Dari menulis buku harian pun saya menjadi suka menulis sebagai blogger. Selain itu, saya juga menjadi dapat menulis puisi, naskah drama, naskah film indie, dan cerpen, serta meyakinkan saya untuk memilih program studi Sastra Indonesia dengan harapan saya akan menjadi seorang novelis, blogger sukses, dan penulis skenario. Dari kebiasaan menulis buku harian, saya mendapatkan pelajaran yang berharga dan menyenangkan, dan saya menjadi tahu bagaimana melakukan hal yang akan lebih menyenangkan.

 

Pencantuman sumber tulisan dan nama penulis adalah tanda penghargaan atas hak kekayaan intelektual🙂

Leave a Reply

